Pages

Subscribe:

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswi Komunikasi Universitas Islam Indonesia 2010.

Minggu, 27 Januari 2013

Transformasi Media

           Mungkin kalian sering mendengar yang namanya twitter, facebook, blog dan sebagainya? ya, itu lah sosial media yang sedang "eksis" di kalangan muda. Sosial media tersebut berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Di sosial media tersebut lah manusia bisa berkomunikasi dua arah, baik itu sebagai penyebar informasi maupun sebagai sesama pengguna yang mendapatkan informasi.
            Dengan sosial media ini juga, masyarakat bisa lebih bebas, santai, dan terbuka dalam mengkritik masalah-masalah sosial yang sedang terjadi, termasuk dalam mengkritik pemerintah. Tidak seperti pada  era Presiden Soeharto menjabat dulu, dimana media sama sekali tidak boleh mengkritik pemerintah dan media sangat dijaga ketat dan diatur oleh pemerintah. 
             Kebebasan media setelah era reformasi, membuat banyak media yang semakin bermunculan. tidak hanya itu, media maupun masyarakat seemakin bebas mengeluarkan "uneg-uneg" nya. Contohnya saja seperti di dalam blog, terdapat kolom comment kita bisa langsung berkomentar mengenai isi blog dan juga menanggapinya. 
           Setiap media memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan target audiencenya. Perusahaan media terbagi dua jenis, yakni perusahaan yang bersifat independen dan perusahaan yang bersifat group. Bedanya perusahaan yang independen tidak ada campur tangan dari pihak lain didalam perusahaannya. 

0 komentar:

Posting Komentar