Dengan ketatnya persaingan
bisnis saat ini, semua lembaga akan membutuhkan seorang PR. Dimana jika dilihat
dari fungsinya PR akan sangat membantu berbagai kegiatan yang ada dalam
perusahaan. Ada berbagai bidang seringkali berkaitan erat dengan dunia PR.
Misalnya marketing, branding produk
atau perusahaan, dan hubungan antar stakeholder.
Menurut Dictionary
of Sosiology dalam Danandjaja ( 2011:14) PR adalah sebagai landasan teknik
dan teori yang digunakan untuk menyesuaikan hubungan dengan public sesuai dengan pokok masalahnya.
PR sebagai teori dan teknik merepresentasikan penggunaan sosiologi, psikologi
social, ilmu politik dan ekonomi, seperti juga keterampilan-keterampilan khusus
dari wartawan, seniman-seniman, ahli-ahli organisatoris, praktisi periklanan
dan lain-lain, agar dapat melibatkan secara khusus pada bidang masalah
tertentu.
Praktik Public
Relations adalah deni dan ilmu sosial untuk menganalisis tren, meramalkan
konsekuensi tindakan, memberikan konsultasi kepada pimpinan organisasi, dan
melaksanakan program tindakan terencana demi kepentingan masyarakat umum dan
organisasi (Wilcox, Ault dan Agee, 2011: 21)
0 komentar:
Posting Komentar